D3 Kebidanan

UU Pendidikan Tinggi No.12 Tahun 2012 menjelaskan tentang Jenis Pendidikan Tinggi di Indonesia terbagi atas 2 (dua) bagian; yaitu Pendidikan Akademik yang diarahkan pada penguasaan dan pengembangan cabang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi terdiri atas S1, S2, dan S3. Jenis Pendidikan Tinggi lainnya adalah Pendidikan Vokasi yang menyiapkan Mahasiswa untuk pekerjaan dengan keahlian terapan yang terdiri atas D1 (Ahli Pratama), D2, D3 (Ahli Madya), D4 (Sarjana Terapan), Master Terapan, dan S3 Terapan. UU Dikti juga menjelaskan bahwa jenjang Pendidikan S1 dan D4 berada pada Level KKNI* yang sama yaitu Level-6. *KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia)

Sesuai dengan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara No: 01/PER/M.PAN/1/2008 Tentang Jabatan Fungsional Bidan dan Angka Kredit; seorang bidan yang pegawai negeri sipil memiliki jenjang fungsional Bidan Terampil dan Bidan Mahir. Bidan Terampil adalah bidan yang minimal berpendidikan D1 Bidan sampai D3 Kebidanan dengan golongan ruang II/a sampai III/c. Sedangkan Bidan Mahir adalah bidan yang lulus dari jenjang D4 Kebidanan atau S1 Kebidanan dengan golongan ruang minimal III/a sampai dengan IV/c.

Berdasarkan UU Pendidikan Tinggi No. 12 Tahun 2012 dan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara No: 01/PER/M.PAN/1/2008. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri Menyelenggaran Pendidikan D3 Kebidanan sejak tahun 2005 dan telah Meluluskan banyak sekali bidan profesional.

Alumni dari D3 Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri dapat melanjutkan jenjang pendidikan ke D4 atau pun S1 Kebidanan.

VISI PRODI KEBIDANAN D3

“Sebelum 2017 menghasilkan tenaga bidan yang cerdas, inovatif, beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa serta dapat mengemban amanah dan berstandar nasional.”.

MISI PRODI KEBIDANAN D3

  1. Menyelenggarakan pendidikan kebidanan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dalam pelayanan kebidanan (KIA, KB, dan Kespro) berwawasan IPTEK dan IMTAQ
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan ilmu dan teknologi kebidanan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat.
  4. Menjalin kerjasama kemitraan lintas sektor baik pemerintah maupun swasta.
  5. Menerapkan perilaku yang santun dan berbudi luhur.