D3 Kebidanan

UU Pendidikan Tinggi No.12 Tahun 2012 menjelaskan tentang Jenis Pendidikan Tinggi di Indonesia terbagi atas 2 (dua) bagian; yaitu Pendidikan Akademik yang diarahkan pada penguasaan dan pengembangan cabang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi terdiri atas S1, S2, dan S3. Jenis Pendidikan Tinggi lainnya adalah Pendidikan Vokasi yang menyiapkan Mahasiswa untuk pekerjaan dengan keahlian terapan yang terdiri atas D1 (Ahli Pratama), D2, D3 (Ahli Madya), D4 (Sarjana Terapan), Master Terapan, dan S3 Terapan. UU Dikti juga menjelaskan bahwa jenjang Pendidikan S1 dan D4 berada pada Level KKNI* yang sama yaitu Level-6. *KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia)

Sesuai dengan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara No: 01/PER/M.PAN/1/2008 Tentang Jabatan Fungsional Bidan dan Angka Kredit; seorang bidan yang pegawai negeri sipil memiliki jenjang fungsional Bidan Terampil dan Bidan Mahir. Bidan Terampil adalah bidan yang minimal berpendidikan D1 Bidan sampai D3 Kebidanan dengan golongan ruang II/a sampai III/c. Sedangkan Bidan Mahir adalah bidan yang lulus dari jenjang D4 Kebidanan atau S1 Kebidanan dengan golongan ruang minimal III/a sampai dengan IV/c.

Berdasarkan UU Pendidikan Tinggi No. 12 Tahun 2012 dan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara No: 01/PER/M.PAN/1/2008. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri Menyelenggaran Pendidikan D3 Kebidanan sejak tahun 2005 dan telah Meluluskan banyak sekali bidan profesional.

Alumni dari D3 Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri dapat melanjutkan jenjang pendidikan ke D4 atau pun S1 Kebidanan.

 

VISI PRODI KEBIDANAN D3

“ Menjadi institusi pendidikan kebidanan yang kompetitif, berkarakter dan unggul di bidang kesehatan reproduksi (IMS dan HIV-AIDS) ”.

 

MISI PRODI KEBIDANAN D3

  1. Menyelenggarakan pendidikan kebidanan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, berkarakter dan unggul dalam pelayanan kebidanan terutama di bidang kesehatan reproduksi (MS dan HIV-AIDS). 
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan ilmu dan teknologi kebidanan terutama di bidang kesehatan reproduksi (IMS dan HIV-AIDS).
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat terutama di bidang kesehatan reproduksi (IMS dan HIV-AIDS)
  4. Menjalin kerjasama kemitraan lintas sektor baik pemerintah maupun swasta dalam pelayanan kebidanan.

 

Tujuan Program studi D-III Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri yaitu :

  1. Menghasilkan lulusan bidan yang mampu memberikan pelayanan kebidanan pada masyarakat yang efektif dan efisien sesuai dengan kompetensinya serta bertanggung jawab pada profesi.
  2. Menghasilkan penelitian untuk pengembangan ilmu dan teknologi kebidanan terutama di bidang kesehatan reproduksi (IMS dan HIV-AIDS).
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat terutama di bidang kesehatan reproduksi (IMS dan HIV-AIDS).
  4. Terjalinnya kerjasama kemitraan lintas sektor baik pemerintah maupun swasta dalam pelayanan kebidanan.

 

Kompetensi Utama Lulusan

 Mampu berperilaku profesional, beretika dan bermoral serta tanggap terhadap nilai sosial budaya dalam praktek kebidanan.

  1. Mampu melakukan komunikasi efektif dengan perempuan, keluarga, masyarakat, sejawat dan profesi lain dalam upaya peningkatan derajat kesehatan ibu dan anak dalam pelayanan kebidanan.
  2. Mampu memberikan asuhan kebidanan secara efektif, aman dan holistic dengan memperhatikan aspek budaya terhadap ibu hamil, bersalin, nifas dan menyusui, bayi baru lahir, balita dan anak prasekolah, pelayanan keluarga berencana dan kesehatan reproduksi pada kondisi normal berdasarkan standar praktik kebidanan dan kode etik profesi.
  3. Mampu memberikan penanganan kegawatdaruratan sesuai dengan kewenangannya.
  4. Mampu melakukan upaya promotif, preventif, deteksi dini dan pemberdayaan masyarakat dalam pelayanan kebidanan.
  5. Mempunyai kemampuan mengelola kewirausahaan dalam pelayanan kebidanan yang menjadi tanggung jawabnya.

 

Kompetensi pendukung lulusan

  1. Mampu memberikan pelayanan kebidanan berdasarkan prinsip evidence-based
  2. Mampu mengaplikasikan bahasa Internasional dalam pelayanan kebidanan
  3. Mampu mengaplikasikan teknologi informasi untuk meningkatkan pelayanan kebidanan
  4. Mampu melaksanakan dan mengkoordinasikan penanganan bencana secara tepat
  5. Mampu mengembangkan karirnya sebagai bidan melalui jiwa wirausaha (entrepreneurship) sehingga mampu berkompetisi dalam menyusun busines plan sebagai prasyarat bagi pembukaan Bidan Praktek Mandiri (BPM)
  6. Mampu dalam bersikap, berperilaku, dan menerapkan kebiasaan yang berorientasi pada pengembangan Kecerdasan Emosional – Spiritual untuk mendukung terciptanya bidan yang etis, profesional, dan akuntabel (soft skill)
  7. Mampu menerapkan perkembangan IPTEK dalam bidang kesehatan khususnya kebidanan

 

Kompetensi Lain Lulusan

  1. Mampu melakukan deteksi dini secara tepat tentang IMS dan HIV/AIDS dalam pelayanan kebidanan
  2. Mampu melaksanakan pelayanan kebidanan khususnya dalam deteksi dini masalah kesehatan reproduksi.